Interior yang tepat untuk Rumah Kecil

Perumnas Bumi Trimulyo Yogyakarta.
Sumber: Internet
Desain rumah minimalis di Indonesia telah menjadi trend sejak tahun 2000. Peminat desain minimalis ini kian meningkat dari tahun-ketahun hingga saat ini.
Faktanya, pembangunan perumah dengan arsitektur minimalis dengan berbagai type oleh para investor hampir merata di seluruh wilayah Indonesia.
Ada beberapa type desain rumah minimalis, mulai dari ukuran kecil, sedang dan besar. Dalam artikel ini hanyamenuliskan type rumah ukuran kecil saja.
Type rumah minimalis ukuran kecil yaitu type 21, 27 dan 29, artinya type rumah dengan luas bangunan 21 m², 27m² dan 29m². Type rumah seperti ini biasa ditemui di perumnas BUMN biasa dikenal dengan nama perumahan RSS (Rumah Sangat Sederhana). 

Beberapa alasaan konsumen milihan desain rumah dengan gaya minimalis, yaitu:
  • Desain Moderen minimalis dengan tampilannya yang menawan.
  • Dari segi ekonomis relatif lebih murah.
  • Lebih mudah di pelihara (perawatan dan kebersihannya)
  • Pemilihan tata letak desain interior yang lebih simpel/sederhana dalam memaksimalkan fungsi ruangan dalam rumah.
Desain Interior Rumah Kecil (RSS)
Untuk pemelihan desain interior rumah minimalis dengan ukuran kecil memang harus sedikit lebih jeli. Pemilihan desain interior yang kurang pas akan menampilkan kesan RSS +8 S (Rumah Sangat Sederhana Sempit Sumpek Sampai Sampai Saya Sulit Sekali Selonjor), sehingga kenyamanan untuk melakukan aktifitas di dalam rumah  pun berkurang bukan.

Sumber gambar: Internet
Desain ruang seperti gambar di samping ini adalah salah satu contoh ruangan dengan type RSS. Akan tetapi pada umumnya, perumahan dengan type 21, 27 dan 29 di Indonesia tata letak ruang tamu dan dapur tanpa sekat. Sebenarnya rumah dengan tipe ini juga dapat menampilkan suasana yang nyaman dan tidak sumpek apabila pemilihan interior rumah benar-benar dimaksimalkan sesuai dengan fungsi ruangannya. 

Sekarang bagaimana cara memaksimalkan pemilihan interior yang tepat untuk Rumah Sangat Sederhana?? 


Caranya mudah saja, yaitu:

  • Tidak disarankan membeli/memilih funitur yang sudah jadi di toko (tinggal bawa pulang). Dikawatirkan ukuran barang yang anda beli kurang pas saat dipasang di rumah anda.
  • Rancang desain interior funitur sesuai dengan selera anda (motif, bentu, warna atau sesuaikan dengan budget anda) mulai dari  interior funitur ruang tamu dan dapur.
  • Kemudian kunjungi mebel/funitur terdekat anda. Nah jangan malas yaa untuk poin ke tiga ini. (Gak memakan waktu lebih dari satu jam kok mulai dari intermeso, tanya jawab, sampai nego pemesanan). Atau kalau belum ada yang cocok paling gak liat-liat katalok aja juga gak masalah sekalian survey harga. 
  • Pesanlah sesui dengan bayangan anda, disarankan anda menunjukan gambar yang anda inginkan secara langsung saat pemesanan. 
  • Hal terpenting, mintalah kepada toko atau produsen mebel/funitur yang anda pilih untuk melihat kondisi rumah anda dan untuk mengukur langsung kira-kira barang yang anda pesan itu ukuran pasnya berapa (jangan hanya diawang-awang). Amat sangat disarankan, kalau tokonya banyak alesan mending ganti lainnya aja deh.
  • Untuk poin ke 5 itu wajib bukan tanpa alasan. Berbagi pengalaman, saya juga pernah pesan lemari. Kebetulan bentuk kamar saya itu sudutnya agak kedalam. Nah, waktu ngomong minta di ukur langsung CS tokonya bilang "maaf mbak tukangnya pada libur (.............blebleblebele panjang lebar) ujung2nya ntar bisa di sesuaikan kok pas dipasang". Ya di bilang gitu, akhirnya saya manut aja. Hasil, lemarinya kepanjangan beberapa senti, dan gak bisa masuk lemarinya. Intinya jadi kurang pas dengan bayangan saya.

Nah, kalau sudah melakukan poin2 diatas mudah-mudahan impian anda mendesain interior rumah type kecil akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut beberapa model interior funitur/mebel terkait yang cocok di gunakan untuk ukuran rumah dengan type 21, 27, 29:

Title : Interior yang tepat untuk Rumah Kecil
Description : Perumnas Bumi Trimulyo Yogyakarta. Sumber: Internet Desain rumah minimalis di Indonesia telah menjadi trend sejak tahun 2000. Pemina...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar serta dipersilahkan menuliskan URL link agan-agan yang terkait dengan topik diatas..