Paduan Warna Interior Funitur Kamar

Kamar adalah ruangan privasi yang digunakan sebagai tempat istirahat. Kenyaman saat berada dalam kamar merupakan sesuatu yang sangat di dambakan. Berbagai desain interior pun sangat mempengaruhi kenyamnan anda saat beristirahan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk desain kamar yang nyaman saat beristirahat:
  • Yang pertama, memilih warna untuk desain kamar. Beberapa pilihanan paduan untuk warna desain kamar berdasarkan ilmu psikolog:
Sumber Gambar: Internet
Warna ungu muda dapat memberikan aura yang dapat membantu menenangkan/ menyejukan pikiran saat berada di dalam kamar.
Sedangakan arti warna ungu secara keseluruhan menurut salah satu blog pisikolog yang saya kutib, warna ungu merupakan campuran merah biru dan lebih kekondisi aktif muram, yang melambangkan kesejukan, kabut atau bayangan, royalti, martabat, memilukan, lembut dan kesepian. Ungu digambarkan sebagai warna uniquiet yang berkesan misterius dan mistis dibanyak budaya dalam belahan bumi ini. Berdasarkan penelitian lain warna ungu merupakan warna berkabung namun beberapa negara di Asia menolak alias tidak setuju dengan steatment ini.

Sumber Gambar: Internet
Warna biru muda juga dapat memberikan ketenangan serta kesejukan. Sangat baik untuk mendapatkan rasa relax saat beristirahat di kamar.
Menurut artikel pisokolog yang saya kutib, warna biru secara keseluruhan mewakili suhu, langit, air dan es. Warna biru merupakan warna terkuat kedua setelah warna merah. Warna biru melambangkan kesejukan, kabut dan bayangan, kedamaian, ketenangan, kecerdasan, kekuatan, biru merupakan warna yang paling positif dan semua negara menyetujui hal ini. Biru merupakan warna maskulin (red: cowok banget) yang kebalikan dari warna pink.



Sumber Gamabar: internet
Warna hijau untuk desain warna kamar merupakan pilihan yang pas juga. dengan warna ini membawa kita kedalam suasana yang tenang dan sejuk, sehingga memberikan rasa nyaman saat beristirahat. 
Berdasarkan artikel pisikolog yang saya kutib, warna hijau secara umum merupakan warna yang paling lembut untuk mata manusia, hijau merupakan warna universal yang mengartikan kesuburan, kelahiran kembali, dan kebebasan. Hijau cerah dapat membangkitkan semangat sementara hijau tua membangkitkan gambaran mental dari hutan pinus. Rambu jalan yang dicat latar belakang hijau metalik kontras dengan huruf putih karena kombinasi ini diyakini paling mudah dibaca oleh otak manusia.
  • Yang kedua adalah pemilihan interior funitur setelah desain warna kamar telah ditentukan. Berikut paduan desain interior funitur ruang kamar:

Warna coklat/cream kayu akan menambah suasana alami yang menenangkan pikiran dan 
memberikan kenyamanan saat beristirahat. Perpaduan warna putih menambah suasana yang tenang sehingga meningkatkan kenyamanan anda berada di dalam kamar.


Salah satu paduan interior yang cocok untuk berbagai desain warna kamar adalah ranjang dengan desain corak kayu horizontal berwarna gelap ataupun terang. Berbagai insipari pun dapat muncul saat anda berada dalam ruangan kamar anda  karna efek perpaduan alami warna yang menenangkan pikiran karena merasa begitu dekat dengan alam.


Warna kayu yang polos pada ranjang anda akan memancarkan keasrian pohon kayu yang halus, sama halnya seperti kedua gambar desain interior funitur diatas perpaduan dengan desain polos dari kayu ini pun menampilkan efek yang sama dalam ruangan kamar anda.

  • Dan yang ketiga adalah interior pelengkap kamar anda seperti lemari pakaian, meja rias dan berbagai pelengkap ruang kamar sesuai dengan kebutuhan ataupun memaksimalkan ruang kamar secara efektif dan efisien. 
Lemari 4 pintu ini adalah yang paling efektif digunakan, 
termasuk untuk rumah dengan tipe kecil. Mengapa?? Karena lemari ini memiliki banyak ruang. Sehingga  penempatan baju ataupun sprei dll menjadi efisien, tanpa harus menambah lemari lainnya yang dapat membuat ruangan rumah anda penuh dan terkesan sempit.



Lemari set ini bisa sebenarnya bisa diletakan di dalam kamar apabila anda termasuk orang yang lebih senang menonton televisi sambil beristirahat di kamar. Perpaduan warna coklat gelap kayu danputih akan menambahkan kenyamanan anda saat beristirahat sambil menonton TV.

Meja kerja/belajar ini pun bisa anda letakkan di kamar.seperti yang saya ulas diatas. 
Dengan paduan warna diding dan interior funitur lainnya, akan menambah inspirasi anda saat berada di dalam kamar. Hal tersebut membuat suasana nyaman pula untuk bekerja 
ataupun belajar di dalam ruang kamar. 


Sekian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat dan say ucapkan terimakasih.


Sumber penulisan artikel: dikutib dari artikel Arti Warna Dalam Psikologi Warna oleh pisikologsmile. 

Sumber gambar: Interior Funitur Hasta Karya Funitur
Title : Paduan Warna Interior Funitur Kamar
Description : Kamar adalah ruangan privasi yang digunakan sebagai tempat istirahat. Kenyaman saat berada dalam kamar merupakan sesuatu yang sangat di damb...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar serta dipersilahkan menuliskan URL link agan-agan yang terkait dengan topik diatas..