Keindahan dan keunikan hewan-hewan kecil Borneo

Pulau Kalimantan (Borneo) terkenal dengan hutan rimbanya yang begitu fenomenal dan mendunia sampai-sampai dituliskan dalam kisah film "Anaconda". Hal ini dikarenakan kayanya flora dan fauna yang tumbuh dan berkembang di alam Kalimantan.
Legenda penghuni hutan Borneo pun tak kalah fenomenal mulai dari mahluk jejadian sampai mitos-mitos suku aslinya. Akan tetapi kali ini kak Vhya hanya berbagi cerita tentang keindahan dan keunikan alam di Kalimantan Barat (tanah kelahiranku) saja. Berhubung penulisan artikel yang kurang terformat ini sudah malam, merinding juga kalau cerita mistis warisan budaya suku Dayak. Mudah-mudahan dilain kesempatan bisa berbagi cerita tentang warisan budaya turun menurun.

Keindahan dan keunikan hewan-hewan kecil di alam Borneo
1
Hewan kecil ini yang biasa kita kenal dengan Kepik (Ladybugs) adalah hewan yang termasuk dalam kategori serangga yang tersebar hampir merata diseluruh wilayah Indonesia. Uniknya kepik yang berada di alam Kalimantan ini beraneka beragam mulai dari warna dan bentuknya. Selain itu antara kepik jenis yang satu dengan yang lainnya memiliki tempat hidup dan berkembang pada spesies dedaunan yang berbeda Pula. Contohnya seperti kepik pada gambar 1,melakukan metamorfosis dari kepompong yang hitam menjadi kepik kuning dengan corak polcadot hitam yang begitu indah. Kepik dengan ciri-ciri berwarna kuning berbintik hitam pada bagian punggungnya, dan memiliki bentuk punggung seperti cangkang kura-kura ini biasa ditemukan hidup dan berkembang pada daun Bebuas dalam bahasa Kampungnya atau Premna Spp., untuk nama ilmiahnya.
2
Sedangkang untuk kepik disamping ini memiliki ciri-cici berwarna orange dan bercorak bintik hitam dan bentuknya bulat yang berukuranlebih kecil dari kepik diatas, biasanya ditemukan hidup dan berkembang pada pohon terung (Solanum melongena L.).
Sebenarnya bukan hanya di daun terung saja, kepik ini biasa juga ditemukan di daun-daun rumput yang berbulu yang tekstur daunnya hampir mirip dengan daun terung.


3
Selain kepik, laba-laba di alam Kalimantan juga terdapat aneka ragam spesies laba-laba. Mulai dari laba-laba rumah, laba-laba hutan,laba-laba air dan laba-laba daun. Setiap jenis laba-laba satu dengan lainnya mempunyai karakter yang berbeda-beda. Salah satu keunikan dari spesies laba-laba yaitu dari laba-laba air. Laba-laba air biasanya terapung diatas sungai yang jernih. Laba-laba tersebut memiliki kebiasaan unik, yaitu bergerak maju mundur secara terus teratur diatas permukaan air. Warna dari laba-laba air inipun bermacam macam. ada yang berwarna barni dan ada pula yang berwarna hitam ataupun coklat.

Hewan lain yang ditemukan hidup dan berkembang di alam Kalimantan terlihat pada gambar-gambar dibawah ini.
4
5








6

7








8
9








10

11














Sebenarnya masih banyak lagi hewan-hewan kecil lainnya yang hidup dan tersebar di alam Kalimantan. Tapi saya rasa cukup sekian untuk artikel keindahan dan keunikan hewan kecil penghuni alam borneo ini, semoga bermanfaat.

Gambar Oleh: Norbito N Norbert (Tutus)
Tanggal: 08/02/2013
Lokasi: Pengadang, Kalimantan Barat.
Title : Keindahan dan keunikan hewan-hewan kecil Borneo
Description : Pulau Kalimantan (Borneo) terkenal dengan hutan rimbanya yang begitu fenomenal dan mendunia sampai-sampai dituliskan dalam kisah film "...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar serta dipersilahkan menuliskan URL link agan-agan yang terkait dengan topik diatas..