Panduan setelan/settings pemula blogspot

Sumber gambar: Internet
Tujuan pengaturan setelan/setting blogspot adalah memaksimalkan semua konten yang terdapat dalam blogspot. Pengaturan ini meliputi pengaturan dasar, pengaturan pos dan komentar, pengaturan seluler dan email, pengaturan bahasa dan pemformatan, pengaturan pereferensi penelusuran dan lainnya. 
Beberapa pengaturan yang kurang tepat dapat menyebapkan beberapa konten dalam blogspot hilang/error, misalnya seperti yang terjadi pada konten penghasilan/earnings yang hilang, terjadinya kesalahan pengalihan link dalam URL blog, ataupun pengabaian dalam mesin telusur. Nah untuk mengurangi atau mengatasi masalah seperti pada contoh diats, ada baiknya mempelajari dan memahami setelan-setelan dalam blogspot.
Berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam melakukan pengaturan setelan/settings blogspot untuk para pemula blogspot menurut sub menu pengaturan pada dasboard blogger:

Setelan Dasar / Settings basic
Setelan dasar. Setelan dasar berisakan judul blogspot,deskripsi serta privasi situs blogger anda. Pada setelan dasar terdapat judul, deskripsi dan privasi. Untuk merubah judul dan deskripsi blogspot, silahkan klik edit kemudian simpan perubahan, sedangkan  untuk keterangan privasi silahkan tambahkan blog anda ke cantuman kami  dan biarkan mesin pencari menemukan blog anda dengan memilih ya seperti gambar disamping.
Penerbitan. Pengaturan penerbitan menerangkan alamt blog anda. Jika ingin merubah alam blogspot anda, maka silahkan edit dan simpan perubahan. Anda juga dapat menambahkan domain khusus apabila memiliki situs/web dengan yang telah terdaftar, baik itu dengan akhiran .com, .net, .org, .edu, .info, dll.
Izin. Untuk izin penulis blog tertera nama penulis dengan alamat email yang menerangkan bahwa anda adalah admin dari alamat blog tersebut. Anda juga dapat menambahkan penulis lain yang dapat menulis artikel dalam blogger anda, dengan cara mengundang penulis melalui email ataupun menambahkan penulis melalui pilih dari kontak. Dan untuk pengaturan pembaca blog silahkan klik edit dan pilih salah satu dari ketiga pilihan yang tertera kemudian simpan perubahan.

Setelan pos dan komentar / settings posts and comments

Tampilkan sebanyak mungkin, bisa anda isi 2 atau 3. Sebenarnya lebih juga boleh karna tidak ada batasan standarnya. Mengapa saya pilih 1 atau 3 postingan? Tujuannya agar tampilan blogspot tidak terlalu panjang kebawah, apalagi jika anda menggunakan desain tampilan artikel sepenuhnya dan dengan artikel yang cukup panjang.
Templat entri. Fungsi templat entri yaitu untuk membuat salinan HTML dari post pertama sebagai default nya, agar susunan semua kontent baik penulisan ataupun tata letak gambar terlihat sama. Penggunaan templat entri ini biasa digunakan untuk situs online shop, jadi saya rasa untuk blog artikel tidak perlu menambahkan templat entri.
Tampilkan gambar dengan Lightbox. Pilih ya, fungsinya agar gambar dalam artikel anda dapat terlihat langsung dengan ukuran gambaryang sebenarnya dan tetap berada dalam halaman blog anda.
Pengaturan komentar. Untuk penganturan lokasi komentar dan siapa yang dapat mengomentar bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Moderasi Komentar berguna untuk menyaring komentar yang masuk melalui email anda. Tampilkan verifikasi kata, berguna untuk mencegah spam serta terhindar dari komentar dari pengirim tanpa identitas. Tampilkan tautan balik berguna untuk memberi fasilitas kepada pengguna blog lain untuk me-link blog anda ke dalam halaman blognya. Sedangkan pesan formulir komentar berguna untuk memberikan pesan kepada pada komentar, contohnya: Kritik dan saran yang bersifat membangun, sangat saya harapkan demi kemajuan pembuatan artikel dalam blog ini. Terimakasih.

Setelan seluler dan email / settings mobile and email

Dalam pengaturan seluler, anda dapat menambahkan perangkat seluler dengan cara mengirimkan kode yang diterima melalui MMS ataupun SMS seperti yang terlihatpada gambar disamping. Sedangkan setelan email berfungsi untuk mempublikasikan postingan, mengatur komentar yang masuk serta penulisan pos melalui email.

Setelan bahasa dan pemformatan / language and formatting
Nah untuk pengaturan bahasa, pilihlah bahasa Inggris. Jika diganti ke Bahasa Indonesia akan menyebapkan hilangnya konten penghasilan di daboard blogger anda. Sedangkan untuk keterangan format tampilan tanggal dan waktu silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda.

Setelan Preferensi penelusuran / search preferences dan  Setelan lainnya
Untuk pengaturan ini sebaiknya difokuskan setalah  mempublikasikan paling tidak 10 artikel dalam blogspot anda. Tujuannya adalah agar anda dapat mengarahkan keywords/kata kunci yang tepat sesuai dengan isi blog anda dalam mesin telusur. Dan pengaturan ini dilakukan setelah mendaftarkan URL blogspot di web master tools atau google analitycs. Untuk cara yang lebih detil akan dibahas pada cara cepat blog masuk halaman satu google.

Sekian panduan setelan pemula blogspot yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaatkan.
Title : Panduan setelan/settings pemula blogspot
Description : Sumber gambar: Internet Tujuan pengaturan setelan/setting blogspot adalah memaksimalkan semua konten yang terdapat dalam blogspot. Pengat...

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar serta dipersilahkan menuliskan URL link agan-agan yang terkait dengan topik diatas..